6/13/2016

Day 9 : Penasaran soal earning/pendapatan dari ngeblog

Buat kalian yang selalu 'stay tune' di depan smart phone-nya/komputer. Pasti pernah dong selintas melihat ada orang yang show-off karena baru saja mendapatkan uang dari kegiatan on-linenya. Belakangan ini, gue juga mencari tau lebih mendalam bagaimana caranya. Ternyata caranya banyak. Ada yang mendapatkan penghasilan dari adsense, ada juga yang dari afiliasi dengan website besar. Nah, mungkin yang belakangan populer adalah orang-orang yang mendapatkan dollar dari youtube. 


Hanya saja gue nggak bisa mengulik lebih jauh orang-orang yang main di youtube. Abis mau buka videonya aja gak kuat men kuota gue. Hahahaha. Akhirnya gue pun mencari-cari gimana sih orang-orang itu bisa dapet dollar dari cuma nge-blog? Hal pertama yang gue ketahui adalah google adsense. Yap, sampai saat ini google adsense masih menjadi pemasukan terbesar bagi mereka yang bermain di dunia publisher.

Sebenernya gue agak bingung pas pertama kali mendengar istilah 'internet marketing' gue pikir tu orang ngejual-jualin internet. Berarti ada nanti ada juga dong SPG internet. Eh, kayaknya emang ada deh. Ituloh yang belakangnya pake xxx. Setelah browsing sana-sini ketemulah gue dengan beberapa nama yang sudah cukup tenar di dunia publisher adsense indonesia. Ada Eka Lesmana, Mas Sugeng, Max Manurung, dan masih banyak lagi. Yang gue sebutin itu yang penghasilan dollarnya bisa sampe enam digit. 

 
Yang dibawahnya juga gak kalah hedon. Salah satu yang gue stalking juga ada nama Al Fauzi. Dari hasil stalking, gue lihat doi sampai bisa membeli motor offroad dan juga sebuah mobil jazz seri terbaru. Bahkan kabarnya doi sekarang mau pensiun dari dunia adsense. Katanya mau fokus di wirausahanya. Mau tau berapa harga akun adsense plus blog yang doi jual? Total ada tujuh akun senilai 42 juta men. Tapi sebanding sih dengan penghasilan yang bisa didapat jika akun dan blognya diurus dengan baik. Bisa saja lebih besar dari harga yang dikeluarkan untuk membelinya. 

Berangkat dari fakta-fakta itulah akhirnya gue kepikiran untuk men'serius'i yang namanya blogging ini. Daripada online cuma buat stalking mantan. Lumayan kalau dapat duit bisa buat langganan internet unlimited. Terus kalo mau update 3gp gak perlu donlot yang cuma menuh-menuhin harddisk. Kalo lagi pengen tinggal cari aja deh. (Dimohon untuk tidak meniru pikiran goblok gue) Rupanya selain menggunakan Google Adsense untuk monetizing blog. Ada juga adsense indo yang cukup bagus buat dicoba. Yaitu IdblogNetwork. Dari hasil baca-baca sih, katanya di IdblogNetwork butuh waktu sampai empat bulan buat nge-review blog kita yang mau dipasang ads mereka. Kecuali lu ada kenalan dua blogger yang sudah di-approve oleh mereka. 

Finally, jujur gue penasaran banget pengen nge-klik tombol adsense your blog di beranda blog gue. Tapi masih gue sabar-sabarin buat nahan dulu. Abis, katanya artikel blog harus memadai, minimal 300 kata per artikel. Trus juga punya traffic yang bagus. Dan sebagainya, dan sebagainya. Kalo buat lu yang udah penasaran sampe udah gak bisa ditahan lagi. Banyak kok yang jual akun adsense yang udah tinggal pake. Kadang si penjual juga menyertakan blognya yang tinggal diurus aja. Yah, apapun itu penghasilannya lu tetep harus kerja untuk mengusahakannya. Kalo mau dapat duit tapi gak mau ngapa-ngapain. Ngepet aja sanah.

2 komentar

Jadi adsen tuh sebenernya apaan ghoz?

Program Adsense itu, program iklan yang keluarin google buat para blogger juga youtuber. Intinya dapet duit dari aktivitas nge-blog atau bikin bikin video.


EmoticonEmoticon